Sunday 7 July 2013

6 Kiat sehat hingga tua dari Nabi Muhammad S.A.W

Berikut adalah 6 Kiat sehat hingga tua dari Nabi Muhammad S.A.W
Nabi Muhammad hanya 2 kali sakit selama hidupnya, dan itupun bukan sakit yang berat. Apa kiat untuk sehat seperti Nabi muhammad ? Tentunya semua manusia ingin selalu sehat dalam kesehariannya. Namun tidak mudah mempertahankan kebugaran tubuh kita karena banyak alasan yang mungkin setiap orang berbeda-beda. Dibawah ini kami sampaikan kiat sehat ala Rasululloh S.A.W, Apa saja kiatnya ?

1. Bangun Sebelum Subuh Beliau selalu bangun sebelum adzan subuh berkumandang
tercatat dalam sejarah hanya 1 kali beliau sholat subuh kesiangan setelah seharian melakukan siar Islam dalam perjalanan yang sangat jauh. Dan dijelaskan dalam suatu Hadist "Barangsiapa yang melakukan shalat Sunah sebelum Shalat Shubuh maka dia akan mendapatkan Pahala Seperti Bumi dan bereserta Isinya"


2. Jaga Kebersihan Selalu menjaga kebersihan baik tubuh maupun lingkungan sekitar
Bersih bukan berarti mewah dan sederhana bukan berarti kotor. Terkadang kita terlalu acuh dalam memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sehingga dapat menimbulkan banyak biang penyakit disekitar kita. "Kebersihan itu sebagian dari Iman"


3. Tidak Banyak Makan Nabi Muhammad selalu disiplin dalam menjaga pola makan
dalam sejarah yang sering kita dengan bahwa beliau tidak pernah makan sebelum datang rasa lapar dan menghentikan makan sebelum kekenyangan. Sering melakukan puasa Sunnah yaitu Senin dan Kamis. Dan yang sulit kita ikuti adalah menjaga keseimbangan dalam perut kita yaitu 1/3 Makanan, 1/3 Minuman, 1/3 Udara. Mari kita berusaha merealisasikannya mudah-mudahan kita menjadi lebih sehat jasmani dan rohani.

4. Olahraga Semua orang sangat paham bahwa olahraga dapat menyehatkan tubuh kita
namun untuk melakukannya bukanlah yang mudah terkadang kita sulit membiasakan diri untuk berolahraga walaupun hanya sebentar. Nabi Muhammad gemar melakukan olahraga baik berjalan kaki, berkuda dan masih banyak lagi kegiatan olahraga yang sering dilakukan.

5. Optimis Sifat optimis akan merangsang kepercayaan dalam menjalani hidup
dengan selalu optimis kita akan lebih tenang dan yakin bahwa sesuatu yang kita kerjakan akan membuahkan hasil di masa mendatang.


6. Buang Penyakit Hati Ini adalah yang sangat sulit dan kebanyakan kita memiliki penyakit hati bahkan terkadang kita tidak sadar jika kita memelihara penyakit hati tersebut, adapun penyakit hati itu antara lain Sifat-sifat Sombong, Iri dengki, Bakhil, Tamak, pemarah dan masih banyak lagi penyakit hati lainnya. Dalam islam Nabi Muhammad selalu mengingatkan agar kita menjaga hati kita dari penyakit-penyakit hati tersebut diatas.

Sesungguhnya bukan hal yang sulit jika kita ingin selalu sehat jasmani dan rohani,terkadang kita tidak mau mengimplementasikan dalam keseharian hidup kita, tidak konsisten serta mudah meremehkan hal-hal diatas. Semoga tulisan ini dapat menggugah kita dalam mendapatkan hidup yang sehat hingga akhir hayat amiinn

No comments:

Post a Comment